Model Pembelajaran

Model Pembelajaran

Bermain sambil belajar di Pusat PAUD islam Terpadu Al Ishlah diberikan metode sentra.

SENTRA AL-ISLAM

Sentra ini menawarkan pada anak berbagai kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai agama, keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Didalam sentra sangat membantu anak untuk mengenal dan memahami konsep-konsep agama Islam secara sederhana sehingga anak mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang sederhana dan menyenangkan bagi anak mengingat bahwa pengenalan dan pemahaman terhadap agama merupakan suatu konsep yang abstrak yang perlu diterjemahkan menjadi aktifitas yang konkrit bagi anak. Bahan-bahan yang disiapkan adalah berbagai bangunan ibadah berbentuk mini, alat-alat beribadah berbagai agama, kitab agama islam, dan buku-buku cerita serta gambar-gambar dan alat permainan lain yang bernuansa agama.

sentra al islam

SENTRA PERSIAPAN

Sentra persiapan meliputi berbagai kegiatan persiapan (membaca permulaan, menulis, berhitung permulaan untuk anak). Bahan yang ada disentra ini adalah buku-buku dan bahan-bahan untuk kegiatan menyimak dan menulis. Berbagai kegiatan bermain disentra ini dapat membantu anak belajar mencocokkan dan mengelompokkan serta menciptakan sendiri permainan yang mereka sukai dan berlatih kemampuan berbahasa anak, belajar keterampilan sosial seperti berbagi. Sentra persiapan memfasilitasi anak dengan alat permainan edukatif yang memperluas pengalaman keaksaraan (membaca dan menulis) melalui kegiatan bermain yang berkualitas dan menyenangkan. Lancarnya membaca dan menulis membuat informasi yang di miliki anak bertambah banyak sejak dini. Melalui alat dan kegiatan yang edukatif yang sesuai dengan perkembangannya menciptakan suatu integrasi antara membaca dan menulis yang teraplikasi dalam ahlakul karimah.                              

Kegiatan berhitung permulaan untuk anak mendorong kemampuan intelektual anak, otot halus, koordinasi mata dan tangan, bernegoisasi dan memecahkan masalah. Lancarnya membaca, menulis dan matematika membuat informasi yang dimiliki oleh anak akan bertambah banyak sejak dini. Melalui alat dan kegiatan yang edukatif dan sesuai dengan perkembangannya akan menciptakan suatu integrasi antara membaca, menulis dan matematika yang teraplikasi dalam ahlakul karimah.

sentra persiapan

SENTRA OLAH TUBUH

Sentra olah tubuh ini dapat:

  • Melatih rasa estetika (keindahan)
  • Melatih motorik halus
  • Melatih motorik kas

sentra olah tubuh

SENTRA MUSIK

Musik dapat dilakukan sepanjang hari. Bernyanyi, menggerakkan badan, bertepuk tangan, menari dan memainkan alat-alat musik, semuanya dapat diberikan sebagai kegiatan sehari-hari. Sentra musik dengan berbagai jenis alat musiknya, dapat mengembangkan panca indera anak, memperkuat otot halus dan kasar serta mendorong kreatifitasnya.

sentra musik

 SENTRA SENI DAN KREATIFITAS

Sentra seni dan kreatifitas mendorong anak untuk mengembangkan dan mengeksplorasi kreatifitas mereka serta anak merasa senang dan gembira secara langsung (tactile play). Bahan-bahan yang digunakan antara lain adalah kertas, cat air, krayon, spidol, gunting, kapur, lilin, kain, potongan-potongan bahan/gambar untuk digunting dan ditempel dan bahan-bahan seni lainnya. Banyak bahan alami yang juga dapat dikerjakan seperti kayu, daun-daun, pasir, batu dan lain-lain. Sentra seni dan kreatifitas memacu kreatifitas, komunikasi verbal dan non verbal, kepercayaan diri, perkembangan motorik halus dan kasar serta kemampuan intelektualnya.

 sentra seni

SENTRA RANCANG BANGUN

Sentra balok berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk menciptakan bangunan diimajinasikan anak atau bangunan lain yang telah dikenal seperti rumah, kebun binatang,gedung perkantoran, jembatan dan lain-lain. Anak belajar banyak hal dengan cara membangun menggunakan balok. Mereka mengembangkan kemampuan matematika/berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan problem solfing, selain itu memperkuat juga daya konsentrasi.

Saat anak mempresentasikan dunia mereka dalam sebuah bahan main bangunan, mereka ada diposisi tengah antara main dan kecerdasan merefleksi. Dari hal tersebut munculah simbolik menjadi benda yang diwakili dan permainan simbolik ke peniruan yang nyata.

sentra6

BASIC SAINS

Kegiatan ini menawarkan banyak kesempatan bagi anak untuk menggunakan panca inderanya dengan cara mengeksplorasi bahan-bahan alami. Anak-anak menciptakan, berpikir dan berkomunikasi.Mereka melatih otot halus dan kasarnya. Bahan-bahan yang diperlukan adalah daun, ranting kayu, pasir, batu, biji-bijian, dll. Kegiatan sains mencerminkan langsung minat anak terhadap kejadian-kejadian alamiah dan berbagai benda yang ditemukan anak. Konsep-konsep matematika, IPA, gagasan-gagasan ilmiah, kreatifitas dapat dikembangkan disini.

sentra7

 

 

© 2018 PPIT Al Ishlah Gorontalo.
Website oleh Komite Sekolah.

jsit logo