Kurikulum

Model Kurikulum

Kurikulum 2013 PAUD sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan + Kurikulum PPIT Al-Ishlah yang dilandasi nilai islam dengan pendekatan SCL (Student Centered Learning) dan pendekatan Saintific + Kurikulum kekhasan PAUD Islam Terpadu (Jaringan PAUD-IT Indonesia)

Perangkat Kurikulum :

  • Kurikulum 2013 PAUD
  • Kurikulum PAUD IT
  • Program Pengajaran Keislaman
  • Program Kegiatan Sentra
  • Satuan Rencana Pengajaran
  • Penilaian
  • Raport

Model Pembelajaran :

  1. SCL dalam pendidikan pra sekolah diwujudkan melalui system sentra yaitu pengelolaan kelas yang terpusat untuk memenuhi kebutuhan main anak dimana anak dapat memilih minimal 3 kesempatan main dalam satu kegiatan dengan dukungan guru secara khusus.
  2. Model pendekatan saintific adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.  Pendekatan saintific dilakukan dengan cara melibatkan anak langsung dalam kegiatan; yakni melakukan, mengalami pencarian informasi dengan bertanya, mencari tahu jawaban hingga memahami dunia dengan gagasan-gagasan yang mengagumkan.
  1. Model pembelajaran TERPADU :
  • Telaah
  • Eksplorasi
  • Rumuskan
  • Presentasikan
  • Aplikasikan
  • Duniawi
  • Ukhrawi

Tujuan System Sentra :

  • Anak dapat belajar berbagai kemampuan dalam satu waktu
  • Merangsang insiatif anak untuk memilih kegiatan
  • Mengasah kemandirian dan rasa percaya diri anak
  • Belajar kehidupan dunia secara langsung : berkomunikasi, memutuskan, bekerja sama, melakukan dengan langsung.

 

Kelas Sentra :

Kelompok KB, A dan B

  • Sentra Al-Islam
  • Sentra Persiapan
  • Sentra Ot-Mus (Olah Tubuh dan Musik)
  • Sentra Seni dan Kreatifitas
  • Sentra Rancang Bangun

 

 

 

© 2018 PPIT Al Ishlah Gorontalo.
Website oleh Komite Sekolah.

jsit logo